“Training of Trainer” Meningkatkan Kompetensi Widyaiswara

Sebagai lembaga diklat, Balai Diklat Tambang Bawah Tanah salah satu programnya adalah meningkatkan SDM di lingkungan sendiri. Salah satunya adalah Widyaiswara , karena widyaiswara sebagai ujung tombak nya lembaga diklat ESDM. Hari ini 10 Widyaiswara melakukan peningkatan kompetensi dengan mengikuti diklat TOT (Training of Trainer) yang diselenggarakan di Bali. “Apakah TOT sangat penting untuk Widyaiswara ?”, itulah pertanyaan yang muncul pada sebagian temen-teman yang awam tentang diklat tersebut. Kepala seksi Penyelenggaraan dan Evaluasi Diklat yaitu Bapak Agus Avianto, SH memberikan jawaban dengan lugas “Tujuan diadakannya diklat Training Of Trineer ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para Widyaiswara BDTBT khususnya mengenai Pembelajaran Aktif (Active Learning) yang sangat diharapkan nantinya dapat diimplementasikan dalam proses belajar mengajar pada kegiatan diklat-diklat yang diselenggarakan oleh BDTBT”.

Diklat ini diselenggarakan selama 4 hari dengan beberapa instrukturnya berasal dari PASCASARJANA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ANDALAS.

enjoy adalah suatu kata yang bisa dikatakan untuk merasakan diklat ini khususnya widyaiswara, karena dengan keindahan daerah bali merupakan hal yang sangat mendukung dalam diklat ini. keceriaan dan semangat dalam pembelajaran ini di usung oleh para instruktur untuk memblokade kebosanan dalam pemberian materi maupun praktek. salah satu nya dengan se nam sebelum dimulainya pembelajaran. dalam sesi istirahat kami mendapatkan sedikit perbincang dengan sdr Indra Syahputra Lubis, ST, MT sebagai salah satu peserta diklat, dengan ciri khas logatnya menurut beliau harapan pada diklat TOT ini yaitu mendapatakan pemahaman baru tentang metode pembelajaran yang terbaru istilahnya update teknik pembelajaran. peserta widyaiswara yang 70% nya lulusan S2 dalam negeri maupun luar negeri ini diberikan “two tumbs up”, untuk para peserta yang sangat antusias lanjutkan perjuangan semoga ilmu yang didapat berguna bagi institusi Balai Diklat Tambang Bawah Tanah. ada gula ada semut semoga diklatnya bermanfaat semoga sukses para widyaiswara.

WhatsApp chat