Bahasa
Indonesia
English

Jadwal Diklat 2018

Diklat Pemenuhan dan Uji Kompetensi Bagi Pengawas Operasional Madya (POM) pada Pertambangan (SUMBAR)

Tempat Penyelenggaraan : Sawahlunto
Waktu Pelaksanaan : 06 August 2018 - 11 August 2018

Deskripsi

Peran pengawas operasional madya sebagai pengawas tingkat manajemen menengah (middle management) adalah bertanggungjawab dalam pengelolaan K3 dan lingkungan pertambangan sehingga perlu diberikan pembekalan agar kompeten dalam melakukan pengawasan tingkat manjemen menengah. Untuk dapat diangkat sebagai pengawas operasional tingkat madya sesuai dengan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 43 Tahun 2016 tentang Penetapan dan Pemberlakuan Standar Kompetensi Kerja Khusus Pengawas Operasional di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara, seseorang harus memiliki sertifikat kompetensi yang diperoleh melalui uji kompetensi.


Tujuan

Untuk memenuhi kompetensi Pengawas Operasional Madya (Middle Management) yang bertugas dan bertanggungjawab membawahi Pengawas Operasional Pertama (Lower Management) pada industri pertambangan.


Lingkup Bahasan

Membahas tentang dasar hukum dan tanggungjawab POM, manajemen keselamatan pertambangan, peraturan perundang-undangan lindungan lingkungan pertambangan, pengelolaan lingkungan hidup, pengelolaan tanggap darurat dan pelaksanaan teknis pertambangan.


Persyaratan Peserta

Diusulkan oleh perusahaan dimana yang bersangkutan bekerja, Telah memiliki sertifikat kompetensi Pengawas Operasional Pertama (POP) dan Minimal telah bekerja sebagai Pengawas Operasional Pertama selama 1 (satu) tahun.



Load image...