Bahasa
Indonesia
English

Jadwal Diklat 2018

Diklat Pemenuhan dan Uji Kompetensi Bagi Pengawas Operasional Pertama (POP) Angkt. I

Tempat Penyelenggaraan : Sawahlunto
Waktu Pelaksanaan : 12 November 2018 - 17 November 2018

Deskripsi

Dalam rangka mengurangi tingkat kecelakaan kerja dan kerusakan alat pada kegiatan pertambangan, maka perlu ditunjang tenaga pengawas operasional yang kompeten dibidang teknis dan K3 pertambangan umum. Pengawas operasional memiliki tanggung jawab terhadap keselamatan manusia, proses, peralatan dan lingungan kerja dimana mereka bekerja, agar dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan baik, pengawas operasional harus memiliki standar kompetensi. Untuk pemenuhan terhadap kompetensi tersebut maka dirasakan perlu diberikan pelatihan dan keterampilan yang sesuai, sehingga membantu peserta dapat memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan oleh pemerintah.


Tujuan

Peserta memiliki kemampuan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pengawas operasional pertama pada kegiatan pertambangan di area yang menjadi tanggung jawabnya.


Lingkup Bahasan

Membahas tentang Peraturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan Bidang Pertambangan Umum, Dasar-Dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Tanggung Gugat Manajer Operasional Pertama, Pertemuan Keselamatan Kerja (Safety meeting), Inspeksi dan Pengamatan K-3, Teknik Pembuatan JSA, Investigasi Kecelakaan dan Pelaporan, Identifikasi Bahaya dan Pengendalian Risiko dan Lindungan Lingkungan Hidup Pertambangan.


Persyaratan Peserta

Aparatur yang mengawasi pertambangan minerba atau tenaga industri yang menangani operasi penambangan, berpendidikan sarjana (S1) teknik atau sederajat, jurusan tambang/geologi, , pengalaman di bidang pertambangan mineral dan batubara minimal 2 tahun.







Load image...