BDTBT Kembali Adakan Diklat Pengelasan Fillet SMAW 3F

BDTBT, Sawahlunto – Sebagai upaya untuk terus meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM)  Balai Pendidikan dan Pelatihan Tambang Bawah Tanah (BDTBT) kembali menyelenggarakan pelatihan dan uji kompetensi Diklat Pengelasan Fillet SMAW 3F untuk Masyarakat Provinsi Riau. Pelatihan ini adalah bagian dari Program Prioritas Nasional yang diemban oleh Pemerintah c.q Kementerian ESDM.

Diklat yang juga diakhiri oleh sertifikasi (uji kompetensi) ini secara resmi dibuka oleh Plt. Kepala Balai Diklat Tambang Bawah Tanah, Bapak Darius Agung Prata, S.T., M.K.K.K.. Peserta Diklat Pengelasan Fillet SMAW 3F berasal dari Kabupaten dan Kota yang berada di Provinsi Riau, seperti Rantau Bais, Sebangar, Boncah Mahang, Duri Timur,  Duri Barat, Gajah Saktu,  Talang Mandi, Pematang Obo dan Air Kulim.

Pelatihan dimulai pada tanggal 25 Oktober sampai dengan 14 November 2021, sementara pelaksanaan uji kompetensi pada tanggal 15 – 16 November 2021.  Pelatihan ini dilaksanakan secara  tatap muka atau offline dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat. Penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Diklat merupakan syarat mutlak yang harus dilaksanakan kepada semua komponen Diklat, mulai dari penyelenggara Diklat, Widyaiswara, Instruktur, peserta Diklat termasuk fasilitas Diklat yang digunakan dalam proses belajar mengajar wajib disterilisasi, tindakan tersebut perlu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 agar tidak menimbulkan cluster penyebaran virus di lembaga Diklat.

Pelatihan ini dilaksanakan dengan durasi 150 JP, porsi praktik sebanyak 70 persen dan teori 30 persen. Pada pelatihan peserta diklat mendapatkan materi tentang Praktik Persiapan Tempat Kerja, Pembuatan Sambungan Las Fillet sesuai WPS untuk pengelasan Plat ke Plat, Pipa ke Pipa, dan Plat ke Pipa sesuai dengan proses las yang digunakan dan Praktik Perbaikan Hasil Pengelasan. Semua rangkaian pelatihan dilaksanakan di BDTBT dengan memaksimalkan fasilitas dan peralatan yang tersedia. Pada akhir kegiatan pelatihan, dilakukan Uji Kompetensi dengan menggandeng Balai Latihan Kerja Padang.

Pelatihan dan Uji Kompetensi ini ditujukan untuk memberikan bekal kompetensi kepada masyarakat pencari kerja agar dapat bersaing di dunia kerja khususnya dalam dunia pertambangan, melalui kompetensinya yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi. (WL)

WhatsApp chat