ASN KESDM Mendapatkan Pemahaman Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan dari BDTBT secara online

BDTBT, Sawahlunto – Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP) adalah bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan dalam rangka pengendalian risiko keselamatan pertambangan yang terdiri atas keselamatan dan kesehatan kerja pertambangan serta keselamatan operasi pertambangan. Dengan diterapkannya Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara (SMKP Minerba) pada perusahaan tambang akan bermanfaat untuk mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja, serta menjamin operasional perusahaan berjalan secara aman.

Kegiatan Pelatihan Evaluasi SMKP yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Tambang Bawah Tanah diikuti oleh 33 peserta ASN KESDM selama 3 hari, pada tanggal 20 sampai dengan 22 Februari 2024. Pelatihan ini bertujuan memberikan wawasan tentang Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom.

Dalam pencapaian tujuan pelatihan BDTBT melibatkan Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara dalam penyampaian materi yang telah disiapkan. Kegiatan yang ditutup pada tanggal 22 Februari 2024. Materi yang disampaikan antara lain Dasar Hukum dan Latar Belakang SMKP, Penerapan SMKP Minerba Elemen I dan II, Penerapan SMKP Minerba Elemen III dan IVa, Penerapan SMKP Minerba Elemen IVb dan V, Penerapan SMKP Minerba Elemen VI dan VII, ditutup dengan materi Dasar Audit dan Pelaporan Audit SMKP yang disampaikan oleh Bapak Alles Sandra Tardeli

Diharapkan bagi ASN KESDM yang telah mengikuti pelatihan ini mendapatkan wawasan dan pengetahuan untuk meningkatkan kompetensi ASN KESDM sehingga dapat memberikan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan kinerja, serta penunjang dalam melaksanaan tugas dan fungsi pengawasan kedepannya.

WhatsApp chat