Awal Tahun 2024 BDTBT Mengadakan Pelatihan Pengelolaan Lingkungan Tambang Bagi Masyarakat Kalimantan Barat

BDTBT, Sawahlunto – Sebagai wujud implementasi Permen ESDM Nomor 13 Tahun 2022 tentang Bantuan Pelatihan dan Beasiswa Bidang ESDM. Awal tahun 2024, Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) kembali menyelenggarakan Pelatihan vokasi masyarakat. Dalam kesempatan kali ini, diselenggarakan Pelatihan Pengelolaan Lingkungan Tambang untuk Masyarakat Provinsi Kalimantan Barat yang berlangsung selama 10 hari secara offline, yang dimulai dari tanggal 15 sampai dengan 23 Januari 2024 untuk 14 orang masyarakat dari Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Bapak Darius Agung Prata, S.T., M.K.K.K selaku Kepala BDTBT membuka secara resmi pelatihan ini pada hari Senin tanggal 15 Januari 2024, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pendidikan pelatihan ini sebagai pondasi untuk menyongsong masa depan industri pertambangan yang berkelanjutan dan langkah awal menuju perkembangan industri pertambangan yang lebih baik, serta turut memainkan peran penting dalam menumbuhkan budaya kesadaran lingkungan di sektor pertambangan. Dengan memberikan pelatihan komprehensif mengenai pengelolaan lingkungan diharapkan dapat memberdayakan para profesional pertambangan untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi yang memprioritaskan kelestarian lingkungan.

Para peserta pelatihan diberikan pembekalan materi terkait pengelolaan lingkungan tambang oleh Pengajar berpengalaman yang berasal dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup (PKP2LH) Kota Sawahlunto, Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang dan Praktisi dari CV. BMK. Adapun materi-materi yang diberikan adalah Regulasi dan Kebijakan Pengelolaan Lingkungan, Dasar-dasar Lingkungan, Perencanaan Pengelolaan Lingkungan Aktivitas Tambang, Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Pertambangan, Penanganan Air Asam Tambang, Reklamasi Pasca Tambang, Pengambilan Sampel Air Asam Tambang, Pelaporan dan Evaluasi Pengelolaan Lingkungan. Selain materi dikelas Peserta Pelatihan juga melaksanakan kunjungan langsung ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Sawahlunto, ke lingkungan pertambangan PT. AIC Jaya serta ke tempat wisata yang dahulunya merupakan lokasi pertambangan, dimana merupakan salah satu program pascatambang.

WhatsApp chat