Balai Diklat Tambang Bawah Tanah Selenggarakan Diklat Pengeboran Eksplorasi Tambang Bawah Tanah Bagi Masyarakat Kota Langsa Provinsi Aceh

BDTBT, Sawahlunto – Balai Diklat Tambang Bawah Tanah Pertama kalinya mengadakan diklat pengeboran eksplorasi tambang bawah tanah bagi masyarakat Kota Langsa, Aceh di Sawahlunto, pelatihan diikuti oleh 14 peserta dilaksanakan pada 30 Mei – 10 Juni 2022. Kegiatan diawali dengan pelaksanaan seleksi peserta dan dilanjutkan dengan pelepasan keberangkatan peserta menuju BDTBT, Sumatera Barat oleh Kepala DPMPTSP Kota Langsa Ir. Abdul Qayum didampingi Kepala Bidang Ketenagakerjaan Eddy Mukhti. SE. M.

Diklat Pengeboran Ekslorasi Tambang Bawah Tanah bertujuan memberikan keterampilan dan pemahaman kepada peserta pelatihan mengenai K3 pengeboran eksplorasi, penyiapan lokasi, peralatan dan perlengkapan pengeboran, praktek pengeboran serta pengelolaan hasil pengeboran eksplorasi. Membentuk sikap kerja peserta, minat dan kesadaran atas pekerjaan yang akan dilakukannya.

Dalam pencapaian tujuan tersebut BDTBT tidak hanya melibatkan Tenaga Pengajar/Instruktur BDTBT namun juga institusi pendidikan dan praktisi perusahaan dalam pelaksanaan kegiatan prakteknya, selain itu peserta juga akan dibekali dengan kegiatan pembinaan mental dan fisik yang akan membentuk disiplin peserta.

Kepala BDTBT, pada pembukaan diklat Senin (30/5/2022), menyampaikan sambutan yang diwakili oleh Sub Koordinator Kelompok Kerja Penyelenggara dan Evaluasi Diklat, Bapak Sihar M Siregar, S.T. menyampaikan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan diklat dan memanfaatkan waktu yang terbatas ini dengan sebaik-baiknya, yang dapat mendukung mereka dalam mendapat kesempatan kerja dimasa yang akan datang.

Diharapkan setelah mengikuti diklat ini peserta diklat dapat menerapkan ilmu yang didapat selama pelaksanaan diklat pada perusahaan – perusahaan tempat mereka bekerja.(SH/RF)

WhatsApp chat