BDTBT, Destinasi Edukasi Pertambangan di Sumatera Barat

BDTBT, Sawahlunto – Rabu, 6 Maret 2019, puluhan siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Pekanbaru kembali mengunjungi Balai Pendidikan dan Pelatihan Tambang Bawah Tanah (BDTBT), setelah kunjungan pertama mereka pada Maret 2018 lalu. Kunjungan ini merupakan bukti kepedulian BDTBT terhadap pendidikan tingkat menengah, seklaigus mematahkan paradigma bahwa BDTBT hanya tempat pendidikan dan pelatihan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan industri/perusahaan.

Tepat pukul 08.00 WIB acara dimulai dengan safety induction yang merupakan pengenalan dasar-dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan ini menjadi salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh setiap pengunjung BDTBT.  Selanjutnya acara dibuka oleh Bapak Jaka Hadinata selaku Kepala Seksi Program dan Kerja Sama yang mewakili Kepala BDTBT dan kata sambutan dari Bapak Yudi Purnama sebagai guru pendamping siswa/i SMKN 5 Pekanbaru .

“BDTBT selalu menjadi tujuan utama kami dalam kunjungan industri di setiap tahunnya. Semoga melalui kunjungan ini bisa memotivasi para siswa/i untuk lebih giat belajar mengenai ilmu geologi dan pertambangan,” ujar Bapak Yudi Purnama.

Kunjungan ini dibagi atas dua kegiatan yaitu kunjungan ke lubang tambang Sawahluwung milik PT Bukit Asam UPO dan kunjungan ke fasilitas dan sarana prasarana yang dimiliki oleh BDTBT seperti seperti: workshop, tunnel, laboratorium batubara, laboratorium petrografi dan lingkungan, laboratorium ventilasi, jumbo drill dan simulatornya, serta sarana vertical dan mine rescue. Selain itu, mereka juga melihat sistem penyanggaan baut batuan (rock bolt) dan hidraulik prop, serta menyaksikan peragaan simulasi aliran dan ledakan gas methan.

Melalui pengalaman ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa/siswi terhadap proses penambangan yang baik dan benar, karena wawasan ini sangat dibutuhkan bagi mereka sang calon Manajer di masa depan. (WL-RK)

Dokumentasi foto selengkapnya klik di sini

 

 

 

 

WhatsApp chat