BDTBT Ikut Dalam Mempersiapkan SDM yang Profesional di Bidang Survei Tambang Bawah Tanah untuk Masyarakat Provinsi Riau

BDTBT Sawahlunto – Pada tahun 2024, Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) kembali mengadakan pelatihan Operator Survei Tambang Bawah Tanah untuk Masyarakat Provinsi Riau berbasis kompetensi, Pelatihan ini diikutiĀ  oleh 17 orang masyarakat dari Provinsi Riau. Pelatihan ini dibuka secara langsung oleh Kepala BDTBT Bapak Darius Agung Prata, S.T., M.K.K.K di aula BDTBT. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 15 Januari sampai dengan 26 Januari 2024 dan dilanjutkan dengan pelaksanaan Uji Kompetensi.

Survei untuk pertambangan adalah segala kegiatan pengukuran, pengolahan dan penyajian data di areal pertambangan yang berkaitan dengan batas-batas, petunjuk arah penambangan dan kontrol pengawasan atas kegiatan pertambangan.

Dalam sambutannya Kepala BDTBT menyampaikan arahan, bahwa penyelenggaraan pelatihan yang telah kita laksanakan ini pada dasarnya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang profesional khususnya dalam bidang Survei. Dalam dunia pertambangan tentu kita menyadari bahwa tantangan yang kita hadapi akan semakin berat. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas diharapkan dapat menghasilkan manfaat nantinya, terutama sebagai bekal dalam memasuki dunia kerja di bidang survei. Berkaitan dengan hal tersebut diharapkan agar para peserta pelatihan dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah didapat.

Dalam pelaksanaan pelatihan selain pembelajaran secara teori, peserta juga diberikan pembelajaran praktek secara langsung mengenai pengoperasian alat survei tambang bawah tanah. Selain sertifikat pelatihan peserta juga dibekali dengan sertifikat kompetensi (jika peserta dinyatakan lulus uji kompetensi), dengan adanya sertifikat kompetensi sebagai operator survei tambang bawah tanah, peserta diharapkan dapat melakukan tugas atau pekerjaan yang didasari pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja sesuai dengan unjuk kerja yang dipersyaratkan.

WhatsApp chat