BDTBT Laksanakan Studi Ekskursi Pertama di Tahun 2024 Bagi Mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Mataram

BDTBT, Sawahlunto – Balai Diklat Tambang Bawah Tanah mengawali kegiatan Pelatihan di Tahun 2024 dengan menerima mahasiswa/i Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan Studi Ekskursi diikuti oleh 21 Mahasiswa/i yang didampingi oleh 2 orang dosen pendamping dan dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 12 – 14 Januari 2024 di BDTBT Sawahlunto.

Dalam Sambutannya Kepala BDTBT Bapak Darius Agung Prata pada acara pembukaan kegiatan Senin (12/01/2024) menyampaikan tugas utama BDTBT adalah memberikan pelatihan dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM dan berkolaborasi dalam menyusun standar kompetensi tambang bawah tanah. Di Indonesia saat ini masih terbuka luas kesempatan untuk generasi muda dalam berpartisipasi di dunia tambang. Kepala BDTBT juga berpesan agar kegiatan ini dapat diikuti seoptimal mungkin sehingga dalam mendalami ilmu tambang nantinya menjadi lebih mudah dan menambah pengetahuan dan gambaran secara langsung tentang teknologi tambang bawah tanah yang sebelumnya hanya mendapatkan teori pada saat perkuliahan. Salah satu keuntungan melaksanakan kegiatan di BDTBT adalah mendapatkan surat pengakuan telah mengikuti pelatihan yang bisa menjadi portofolio bagi mahasiswa/i pada saat masuk ke industri tambang. Dosen Pendamping UMMAT Bapak Bedy Fara Aga Matrani, ST., MT menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat terus berlanjut dimasa-masa yang akan datang.

Kegiatan Ekskursi ini bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan menambah wawasan dan pengetahuan serta kualitas Mahasiswa/i Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Mataram terkait tambang bawah tanah.

Dalam pelaksanaan kegiatan Mahasiswa/i dibagi menjadi beberapa kelompok untuk memudahkan dalam penyampaian materi dan praktek antara lain Ventilasi Tambang Bawah Tanah. Pemboran Tambang Bawah Tanah, Penyanggaan Tambang Bawah Tanah yang diberikan oleh Widyaiswara dan Instruktur BDTBT. Rangkaian kegiatan dilengkapi dengan kunjungan lapangan ke perusahaan tambang yang ada di Sawahlunto untuk melihat kondisi tambang yang sesungguhnya.

WhatsApp chat