Diklat Hukum Pertambangan Angkatan Xi Bagi ASN Kesdm Di BDTBT Sawahlunto

BDTBT, Sawahlunto – Pelaksanaan diklat Hukum Pertambangan yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Tambang Bawah Tanah bekerja sama dengan Pusat Studi Hukum Energi dan  Pertambangan (Pushep) sampai dengan minggu ke IV Juli 2022, sampai saat ini telah dilaksanakan sepuluh angkatan diklat dengan jumlah peserta mencapai 593 orang. Kegiatan diklat Hukum Pertambangan kali ini merupakan Angkatan XI yang diikuti oleh 64 peserta ASN KESDM selama 2 hari, pada 26 – 27 Juli 2022 secara offline melalui aplikasi zoom.

Tujuan pelaksanaan diklat hukum pertambangan adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang aspek hukum dalam kegiatan pertambangan mineral dan batubara. Meningkatkan kapasitas aparatur sipil negara dalam mendukung pelaksanaan tugas pengelolaan dan pengawasan pertambangan mineral dan batubara. Selanjutnya diklat ini memberikan bekal kemampuan standar aspek hukum kepada aparatur sipil negara dalam pelaksanaan tugasnya aman dan nyaman dalam koridor hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Pencapaian tujuan diklat salah satunya melalui penyampaian materi-materi seputar hukum pertambangan secara lengkap yang diberikan oleh narasumber dari Pusat Studi Hukum Energi dan  Pertambangan (Pushep) antara lain materi pelayanan publik dan maladministrasi sektor pertambangan. Materi pengelolaan tambang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Materi pengelolaan lingkungan hidup dan pemanfaatan kawasan hutan untuk pertambangan. Materi hukum pertambangan minerba dalam sistem ketatanegaraan. Materi pengusahaan, pembinaan, dan pengawasan pertambangan. Materi hukum administrasi pemerintahan dalam kegiatan usaha pertambangan. Materi industrialisasi dan peningkatan nilai tambah pertambangan. Materi pencegahan korupsi di sektor pertambangan. Materi permasalahan hukum dan sengketa dalam kegiatan usaha pertambangan. Kegiatan pendalaman materi dan studi kasus juga dilakukan, sehingga dapat membantu peserta dalam memahami hukum pertambangan lebih baik lagi.

Melalui kegiatan diklat Hukum Pertambangan Angkatan XI ini diharapkan akan semakin banyak ASN KESDM yang memahami aspek hukum dalam kegiatan pertambangan mineral dan batubara sehingga dapat meningkatkan kapasitas mereka sebagai Aparatur Sipil Negara dalam mendukung pelaksanaan tugas pengelolaan dan pengawasan pertambangan mineral dan batubara.

WhatsApp chat