Diklat Pemenuhan dan Uji Kompetensi Bagi Pengawas Operasional Madya (POM)

Diklat Pemenuhan dan Uji Kompetensi Bagi Pengawas Operasional Madya pada Pertambangan ini merupakan diklat yang diselenggarakan dalam rangka membekali para pengawas lapangan pada industri pertambangan untuk menuju tingkatan yang lebih tinggi yaitu menjadi Pengawas Operasional Utama. Berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 43 Tahun 2016 tanggal 8 Desember 2016 tentang Penetapan dan Pemberlakukan Standar Kompetensi Kerja Khusus Pengawas Operasional di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara. Untuk bisa menduduki jabatan pada setiap jenjang tersebut, maka seseorang harus memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi. Lembaga yang berhak mengeluarkan sertifikat kompetensi menurut UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan adalah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang independen.

Senin (6/8/2018), dilaksanakan Diklat Pemenuhan dan Uji Kompetensi bagi Pengawas Operasional Madya pada Pertambangan di Sawahlunto, untuk pembekalan akan dilaksanakan selama 4 hari, sedangkan untuk Uji Kompetensi akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 10 – 11 Agustus 2018 bertempat di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah, Sawahlunto.

Peserta yang mengikuti diklat ini sebanyak 11 (sebelas) orang yang berasal dari perusahaan pertambangan di Sumatera Barat. Sedangkan tenaga pengajar adalah tenaga-tenaga ahli di bidang pertambangan yang berasal dari PPSDM Geomineba serta Direktorat Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara

WhatsApp chat