First Time, BDTBT Conducted a Competency Test for West Sumatra Community Training

BDTBT, Sawahlunto – Kamis, 30 Januari 2020, Setelah mendapatkan pembekalan teori dan praktek selama sepuluh hari (20 – 29 Januari 2020) sebanyak 14 orang peserta Diklat Operator Pengeboran untuk Peledakan Tambang Bawah Tanah untuk Masyarakat Sumatera Barat mengikuti Uji Kompetensi Pengeboran untuk Peledakan Tambang Bawah Tanah.  Uji kompetensi ini merupakan uji kompetensi yang pertama kali diadakan untuk Diklat Masyarakat  sepanjang penyelenggaraan Diklat Masyarakat di BDTBT sejak tahun 2016.

Peserta Diklat ini diuji kompetensinya oleh Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) ESDM dengan metode uji tulisan dan uji lisan selama dua hari.  Penyelenggaraan Uji Kompetensi ini mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 117 tahun 2014 Tentang Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Pertambangan dan Penggalian Golongan Pokok Pertambangan Batu Bara dan Lignit pada Jabatan Kerja Operator Pengeboran untuk Peledakan pada Tambang Bawah Tanah.

Melalui Pelaksanaan Diklat dan Uji Kompetensi Diklat Operator Pengeboran untuk Peledakan Tambang Bawah Tanah untuk Masyarakat Sumatera Barat ini diharapkan para peserta dapat memiliki kompetensi yang dibutuhkan dalam melaksanakan pekerjaan pengeboran. (WL)

WhatsApp chat