Jadwal Webinar BDTBT

NOTOPIK DIKLATTANGGAL PELAKSANAANDESKRIPSI SINGKATNARASUMBER
1Sawahlunto: Mengapa Mesti World Heritage?
08 May 2020
Sabtu 6 Juli 2019 merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada tanggal tersebut, salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia mendapat pengakuan dunia internasional melalui penetapan Sawahlunto sebagai situs warisan budaya dunia oleh UNESCO pada Sidang Komite ke-43 di Baku Azerbaijan. Webinar ini akan mengupas tuntas Sawahlunto sebagai warisan budaya dunia.
Rahmat Gino Sea Games, M.T.
(Dinas Kebudayaan, Peninggalan Bersejarah, dan Permuseuman Kota Sawahlunto)
2Menambang, bukan Merusak!
14 May 2020
Disadari atau tidak, hampir sebagian besar barang yang digunakan manusia dalam kehiduan sehari-hari adalah produk tambang. Namun, kegiatan tambang seringkali divonis perusak lingkungan. Benarkah tambang sebagai agen perusak lingkungan? Seperti apa seharusnya tambang agar tak lagi dicap perusak bumi, sementara produknya tetap kita butuhkan. Jawabannya akan dibahas dalam Webinar ini.
Dr. Asep Rohman
(Balai Diklat Tambang Bawah Tanah -BDTBT)
3Taman Bumi Ranah Minang04 June 2020
Sumatera Barat kaya akan pesona alam yang luar biasa, bahkan beberapa di antaranya telah dinobatkan sebagai Geopark Nasional. Melalui Webinar ini, peserta akan diajak untuk mengenal Situs-situs Geopark yang berada di Sumatera Barat.
Ahmad Fadhly
(IAGI Pengda Sumbar)
4Lebih Dalam mengenal Tambang dalam PT FI

11 June 2020
PT Freeport Indonesia saat ini telah memasuki babak baru dalam operasi tambangnya. Untuk terus mendapatkan bijih, PTFI harus menggali lebih dalam jauh ke dalam perut bumi dengan "Block Caving"-nya. Apa saja yang PT FI lakukan akan dikupas dalam Webinar ini.
PT FI
5Hidup Berubah karena Iklim Berubah
18 June 2020
Perubahan iklim bukan lagi sekedar isu global. Indikasi terjadinya perubahan iklim di Indonesia telah muncul dan dapat dirasakan. Berbagai upaya mitigasi telah dilakukan oleh banyak pihak terkait. Lalu, sejauh mana sebenarnya perubahan iklim ini akan merubah kehidupan kita? Narasumber kompeten akan membahasnya dalam Webinar ini.Dr. Rusmawan Suwarman
(ITB)
6Mine Rescue, Menjaga Nyawa Tambang

25 June 2020

Tambang adalah kegiatan yang penuh risiko, termasuk risiko potensi terjadinya kecelakaan. Berbagai upaya dilakukan agar potensi tersebut dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan sama sekali. Namun, saat kecelakaan harus terjadi, maka ada protokol penyelamatan yang tetap menjaga nyawa pekerja tambang. Semua dikupas tuntas dalam webinar ini dikaitkan dengan Rancangan Standar Kompetensi Kerja yang sedang disusun.
Darius Agung Prata, M.K.K.K. (Balai Diklat Tambang Bawah Tanah- BDTBT)
WhatsApp chat