Kunjungan Kepala Badiklat di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah

Berdasarkan siaran pers nomor: 21/SJI/2014 Tanggal 28 april 2014 (sumber) tentang pelantikan pejabat struktural eselon I di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Dr. Ir. Djadjang Sukarna yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan dilantik sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan ESDM oleh Menteri ESDM Jero Wacik.

Sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan ESDM yang baru, Djadjang Sukarna melakukan kunjungan ke berbagai subkerja Badiklat ESDM. Pada hari jum’at tanggal 6 juni 2014 djadjang sukarna yang ditemani oleh Ir. Toto Ridwan, MT sebagai Kepala Pusdiklat Mineral dan Batubara dan Dedi Rustandi, SE sebagai Kepala Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) beserta pejabat lainnya melakukan kunjungan ke Balai Diklat Tambang Bawah Tanah Sawahlunto.

Ini merupakan kunjungan pertama Djadjang sukarna ke Balai Diklat Tambang Bawah Tanah sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan ESDM, pada kunjungan ini Djadjang meninjau sarana dan prasarana kediklatan yang ada di BDTBT. Sebagai lembaga yang mengadakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) khususnya Tambang Bawah Tanah, BDTBT memiliki sarana dan prasarana yang sangat menunjang, mulai dari permesinan Tambang Bawah Tanah, kelistrikan Tambang Bawah Tanah, penyanggaan Tambang Bawah Tanah, keselamatan Tambang Bawah Tanah dan lainnya. Hal ini juga didukung oleh tersedianya Laboratorium batubara dan lingkungan, laboratorium keselamatan, laboratorium perlistrikan tambang, laboratorium perencanaan tambang, dan laboratorium teknologi pertambangan.(lihat info)

Pada kunjungannya ini, diperagakan beberapa alat dan simulasi tambang bawah tanah, seperti simulasi ledakan gas metan (CH4) yang terjadi pada tambang bawah tanah yang diarahkan oleh widyaiswara, simulasi tambang bawah tanah, peragaan alat simulai jumbo drill (alat yang digunakan untuk membor tambang bawah tanah) sampai penggunaan alat jumbo drill di lapangan.

Kunjungan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Energi dan Sumber Daya Mineral (Badiklat ESDM) di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah diakhiri dengan rapat koordinasi dengan seluruh Staf BDTBT.

WhatsApp chat