Masyarakat Provinsi Aceh Tingkat Kompetensi Melalui Pelatihan Operator Survei Tambang Bawah Tanah Di BDTBT Sawahlunto

BDTBT, Sawahlunto – Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) kembali mengadakan Pelatihan Operator Survei Tambang Bawah Tanah bagi Masyarakat Provinsi Aceh Angkatan ke II. Empat belas peserta berasal dari Kabupaten dan Kota Banda Aceh mengikuti pelatihan mulai 08 sampai dengan 23 Juni 2023 yang dilaksanakan secara langsung di BDTBT Sawahlunto.

Pelatihan Operator Survei Tambang Bawah Tanah memiliki tujuan memberikan keterampilan dan pemahaman kepada peserta pelatihan dalam konsep dasar, pengenalan dan penggunaan alat, pengolahan data dan juga penyajian peta. Diklat juga bertujuan memberikan kompetensi dalam teknik pemetaan pada peserta diklat.

Melalui sambutannya Kepala BDTBT, Bapak Darius Agung Prata pada pembukaan diklat Senin, 08 Juni 2023 menyampaikan harapan agar peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mendapatkan kompetensi yang dibutuhkan. Mengingat dalam pengelolaan mineral dan batubara khususnya tambang bawah tanah untuk mengetahui indikasi seberapa besar jumlah batuan, serta perencanaan pembongkaran batuan tersebut agar bisa dimanfaatkan memerlukan pengukuran yang baik. Peserta juga diingatkan untuk mempersiapkan diri sebelum mengikuti uji kompetensi yang akan dilaksanakan setelah pelaksanaan pelatihan.

Penyampaian materi pelatihan yang telah disiapkan dilakukan oleh Instruktur BDTBT Sawahlunto serta melibatkan praktisi perusahaan. Peserta akan dibekali materi-materi antara lain sistem penambangan bawah tanah, pengetahuan peta dan alat survei, metode pengukuran tambang bawah tanah, pengolahan dan ploting data polygon, pengolahan data titik detil dan penggambaran kontur.

Pada pelatihan ini peserta tidak hanya diberikan teori terkait penggunaan alat survey namun juga praktek secara langsung yang bertujuan agar para peserta dapat lebih memahami cara pengoperasian alat survey Tambang Bawah Tanah, Ketersediaan peralatan survei yang memadai di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah  sangat mendukung kegiatan praktik bagi peserta antara lain praktik pengukuran polygon, praktik pengukuran titik detil, praktik pengukuran terowongan, praktik penggambaran peta digital, praktik penggambaran peta digital.

Melalui pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Tambang Bawah Tanah, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM (BPSDM ESDM) Kementerian ESDM, masyarakat Provinsi Aceh akan memiliki pengetahuan dan kompetensi yang dibutuhkan sehingga mendukung kesempatan masyarakat Provinsi Aceh untuk bekerja di industri pertambangan khususnya tambang bawah tanah.

WhatsApp chat