Masyarakat Provinsi Sumatera Utara Ikuti Diklat Las di BDTBT Sawahlunto

Pengelasan (Welding) merupakan salah satu pekerjaan yang bersifat umum di dunia industri. Termasuk industri pertambangan juga melibatkan pekerjaan yang membutuhkan keterampilan mengelas. Khusus di tambang bawah tanah biasanya keterampilan ini diperlukan untuk membuat penyanggaan tambang, dan perawatan berbagai macam peralatan di tambang. Sehingga di pertambangan bawah tanah diperlukan pekerjaan yang memiliki keterampilan mengelas.

Masyarakat Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2023 mendapatkan kesempatan mengikuti Diklat Plate Welder SMAW 3G-Up/3F yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Tambang Bawah Tanah.  Diklat ini diikuti oleh 14 orang peserta dimulai pada 27 Februari Р21 Maret 2023 bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pemahaman kepada peserta pelatihan dalam konsep dasar, pengenalan dan penggunaan alat las SMAW 3G-Up/PF. Selanjutnya tujuan diklat juga memberikan kompetensi Plate Welder SMAW 3G-Up/PF bagi peserta diklat.

Bekerjasama dengan Balai Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (BPVP) Padang pelaksanaan penyampaian materi melalui kegiatan kelas dan juga praktek langsung di workshop BDTBT Sawahlunto telah dilakukan. Materi-materi yang diberikan meliputi persiapan tempat kerja, perbaikan hasil pengelasan, pembuatan sambungan las fillet sesuai WPS (plat ke plat, pipa ke pipa, plat ke pipa) sesuai dengan proses las yang digunakan, Pembuatan Sambungan Las Kampuh (Groove) Sesuai WPS untuk Pengelasan Plat ke Plat, dan sesuai Proses Las yang digunakan.

Pada akhir kegiatan pelatihan, dilakukan Uji Kompetensi dengan menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi dari Balai Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (BPVP) Padang.

Melalui diklat ini peserta diklat diharapkan dapat menjadi masyarakat yang produktif dan memiliki daya saing khususnya pada bidang las sehingga dapat mendukung kesempatan peserta dalam berkarir di perusahaaan tambang dan perusahaan lainnya di masa yang akan datang.

WhatsApp chat