Membangun Zona Integritas Menuju WBK BDTBT Apel Bulanan dan Pengumuman Pegawai TAGEH

BDTBT, Sawahlunto – Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di instansi pemerintah, Zona Integritas yang selanjutnya disingkat ZI adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya telah berkomitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima. Wilayah Bebas dari Korupsi yang selanjutnya disingkat WBK adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja/satuan kerja yang telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi dengan baik, yang telah memenuhi sebagian besar kriteria proses perbaikan pada komponen pengungkit serta mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima. Tujuan utama dalam pembangunan ZI menuju WBK/WBBM adalah untuk pencegahan korupsi, kolusi dan nepotisme dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

BDTBT telah berkomitmen untuk dapat mewujudkan reformasi birokrasi dan mendapatkan predikat WBK. Salah satu upaya BDTBT untuk membangun zona integritas adalah dengan dilaksanakannya agenda rutin bulanan berupa apel pagi dan pengumuman pegawai TAGEH.

Pada apel bulan Mei 2024 yang dipimpin oleh Kepala Subbagian Umum Bapak Agus Avianto, S.H disampaikan agenda yang akan dilaksanakan pada bulan Mei antara lain diklat bor eksplorasi untuk masyarakat Sumatera Utara dan diklat operator tambang bawah tanah untuk masyarakat Sulawesi Utara. Selain diklat masyarakat, akan dilaksanakan juga diklat untuk ASN Kesdm berupa diklat OSL yang dilaksakan secara mandiri oleh masing-masing ASN.

Terkait zona integritas menuju WBK, Bapak Agus Avianto, S.H menyampaikan  harapan untuk pegawai di garda terdepan agar tetap melaksanakan tugas sesuai SOP yang sudah ditetapkan, agar selalu melayani tamu dengan hati sesuai dengan sosialisasi anti gratifikasi yang sudah dilaksanakan dan semoga tahun ini BDTBT berhasil memperoleh predikat wilayah bebas dari korupsi.

Selanjutnya apel bulanan ditutup dengan pengumuman pegawai yang memenuhi kriteria Terampil, Akuntabel, Gigih, Efektif dan Efisien serta Harmonis (TAGEH). Pegawai yang mendapatkan penghargaan dengan kategori TAGEH yaitu Bapak Suripno dan Bapak Rudi.  Harapan untuk pegawai TAGEH, agar dapat mempertahankan serta meningkatkan kinerja nya dan semoga kedepannya akan muncul pegawai TAGEH yang baru. (wn)

WhatsApp chat