Mencegah Secara Dini Penyebaran Kanker dan Tumor, YSKI Memberikan Sosialisasi di BDTBT Sawahlunto

BDTBT, Sawahlunto – Kegiatan sosialisi yang dilaksanakan oleh Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia (YSKI) pada tanggal 20 Januari 2022 diikuti oleh Pegawai BDTBT bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat sedini mungkin secara langsung tentang pengertian kanker, mengenali secara dini gejala kanker rahim dan kanker payudaran, serta memberi informasi cara sehat dan hemat untuk menghindari kanker.

Materi sosialisi yang disampaikan oleh Ibu Beta Niyati Puspa Sari, A.Md Keb.,  dan Bapak Dedi Priyanto, S.KM., mencakup beberapa perihal penting seputar Kanker dan Tumor, antara lain : Apakah itu Kanker dan Tumor?, Faktor pemicu terjadinya Kanker dan Tumor, Mengenali dan mendeteksi gejala awal Kanker Prostat, Kanker Rahim (Kanker Serviks, Kanker Endometrium dan Kanker Ovarium), Mengenali dan mendeteksi gejala awal Kanker Payudara dan Cara sehat dan hemat menghindari Kanker dan Tumor.

Faktor-faktor pemicu kanker yang disampaikan pada kesempatan ini antara lain genetik atau keturunan, kimia atau fisika seperti asap pabrik dan penggunaan handphone yang tidak tepat, makanan dan minuman yang mengandung zat carsinogen (pengawet), cara pengolahan dan penyajian makanan yang salah misalanya penggunaan minyak goreng bekas secara berulang. Kiat-kiat penting untuk mencegah kanker diantaranya dengan menjalani hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, menghindari minuman alkohol dan merokok.

Cara pencegahan kanker dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, pencegahan dari luar seperti melakukan pola makan yang sehat, mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi, menghindari makanan yang berlemak tinggi, menghindari makanan yang mengandung carsinogen (pengawet) dan melakukan olahraga secara teratur. Kedua, pencegahan dari dalam yang dapat dilakukan dengan melakukan suntik imunisasi kekebalan tubuh dan mengkonsumsi tumbuhan alami yang mengandung zat anti kanker seperti buah sirsak, Keladi Tikus dan Jahe Putih.

Kegiatan ini juga diselingi dengan sesi tanya jawab seputar Kanker dan Tumor antara Pegawai BDTBT dengan Tim Sosialisasi YSKI serta peragaan cara mendeteksi secara mandiri dirumah untuk Kanker Prostat dan Kanker Payudara. Dengan diadakannya kegiatan Sosialisasi Kanker dan Tumor oleh YSKI diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan para Pegawai BDTBT sehingga dapat menerapkan gaya hidup sehat dan terhindar dari Kanker dan Tumor. (SH/WL)

WhatsApp chat