Mengenalkan WTBOS pada Dunia, BDBTB adakan E-Seminar “Sawahlunto: Mengapa Warisan Dunia?”

BDTBT – Jumat 6 Mei 2020, Dalam rangka mejadikan masa #socialdistancing dan #dirumahaja tetap produktif selama Pandemi Corona yang tengah melanda Indonesia, BDTBT kembali adakan E-Seminar dengan judul “Sawahlunto: Mengapa Warisan Dunia?” dengan Narasumber Bapak Rahmat Gino Sea Games, Kepala Bidang Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman dari Dinas Kebudayaan, Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto.

Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) telah ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada gelaran sesi ke-43 Pertemuan Komite Warisan Dunia pada tanggal 6 Juli 2019 di Azerbaijan. Bapak Rahmat Gino mengatakan,“Pada tahun 2015, WTBOS  telah masuk dalam daftar sementara (Tentative List)  sebagai bagian dari proses nominasi warisan dunia”.

Bapak Rahmat Gino juga menjelaskan sejarah BDTBT yang berawal dari “Mijnbouw School” dan memiliki peran penting dalam sejarah WTBOS dalam bidang peningkatan pengetahuan teknologi tambang pada masa itu. Selain informasi mengenai perjalanan WTBOS menjadi Warisan Budaya Dunia, E-Seminar ini juga dilengkapi dengan sesi tanya jawab.

Kegiatan yang merupakan bukti komitmen BDTBT dalam mengenalkan WTBOS pada Dunia ini mendapat sambutan hangat dari peserta. Animo terlihat dari jumlah peserta yang mencapai 337 orang. (WL)

WhatsApp chat