Munggahan BDTBT dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan

BDTBT, Sawahlunto – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan tahun 1440 H, Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) mengadakan acara munggahan bertempat di aula dan dihadiri oleh seluruh pegawai BDTBT, Kamis (2/5).

Munggahan adalah tradisi masyarakat Islam suku Sunda untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Acara ini biasanya dilakukan pada akhir bulan Sya’ban, satu atau dua hari menjelang Ramadhan. Bentuk pelaksanaannya bervariasi, umumnya berkumpul bersama keluarga dan kerabat, makan bersama dan saling bermaafan serta berdoa bersama. Selain itu, ada pula yang mengunjungi tempat wisata bersama keluarga, berziarah ke makam orang tua atau orang saleh, serta mengamalkan sedekah munggah (sedekah pada sehari menjelang bulan puasa)

Acara munggahan sudah menjadi tradisi tiap tahun di BDTBT. Tradisi ini merupakan bentuk rasa bahagia dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. Meskipun disetiap daerah memiliki bentuk tradisi yang beragam, namun intinya masih memiliki kesamaan. Setiap tradisi merupakan budaya turun temurun yang mau tidak mau harus dipertahankan oleh setiap generasinya , serta harus dipegang teguh karena itu salah satu bentuk rasa hormat kita terhadap leluhur di daerah tempat tradisi itu berkembang. Melestarikan dan mewariskan suatu tradisi adalah kewajiban kita sebagai generasi muda yang harus mempertahankannya agar tetap menjadi budaya dan tidak hilang karena pengaruh globalisasi dan modernisasi.

Acara yang dimulai pukul 11.00 WIB dan dibuka oleh kepala Balai Diklat Tambang Bawah Tanah ini menghadirkan ustadz Didi Ifwandi, S.Pdl. Menurut Ustadz Didi Ifwandi yang harus disiapkan sebelum bulan Ramadhan antara lain, ilmu tentang berpuasa, mengganti hutang puasa tahun sebelumnya, dan memperbaiki hubungan sesama manusia yaitu kepada orang tua, saudara dan tetangga. Setelah mendengarkan ceramah agama, seluruh pegawai bersalaman untuk saling memaafkan dan berharap agar amal ibadah puasa diterima oleh Allah SWT. (GL-WN)

 

Dokumentasi foto selengkapnya klik di sini

WhatsApp chat