Pahami Pentingnya Penyaliran Tambang Bawah Tanah 17 Orang Masyarakat Sumbar Ikuti Pelatihan Di BDTBT

BDTBT, Sawahlunto – Pekerjaan Penyaliran tambang adalah aspek yang menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam kegiatan penambangan khususnya tambang bawah tanah. Penyaliran tambang merupakan suatu tindakan teknis penunjang sistem penambangan dengan tujuan untuk mengurangi air yang masuk atau menggenangi suatu daerah penambangan, maka sistem penyaliran perlu diperhatikan dengan tujuan untuk meningkatkan kelancaran kerja, sehingga target produksi yang diharapkan dapat tercapai.

Untuk menciptakan sumber daya manusia yang handal dibidang penyaliran, maka BDTBT melaksanakan Pelatihan Operator Penyaliran Tambang Bawah Tanah yang diikuti oleh  17 peserta berasal dari Kab. Lima Puluh Kota, Kota Padang Panjang dan Kab. Dhamasraya Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 10 hari, dari tanggal 17 sampai dengan 26 Januari 2024.

Pelatihan bertujuan memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja serta persiapan, pengoperasian dan pemeliharaan peralatan penyaliran tambang bawah tanah. Penyampaian Materi-materi seputar Penyaliran Tambang Bawah Tanah dilakukan dalam rangka pencapian tujuan pelatihan, materi disampaikan oleh Widyaiswara dan Instruktur BDTBT, antara lain Penyiapan Sistem Penyaliran, Pemasangan Penyaliran Tambang, Pengoperasian Penyaliran Tambang dan Pelaporan Penyaliran Tambang.

Melalui pelatihan ini diharapkan Masyarakat Sumatera Barat memiliki pengetahuan dan keterampilan  yang dibutuhkan sehingga dapat memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berpartisipasi aktif di dunia pertambangan khususnya Tambang Bawah Tanah.

WhatsApp chat