Peresmian Layanan Uji Laboratorium Pengujian Batubara BDTBT

BDTBT, Sawahlunto – Pada tahun 2017 Laboratorium uji BDTBT mendapatkan Akreditasi dari KAN sebagai laboratorium yang sesuai dengan persyaratan ISO 17025 dan pada bulan Desember Tahun 2020 telah ditetapkannya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 174/PMK.02/2020 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung, dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Tambang Bawah Tanah Kementerian ESDM, sehingga laboratorium uji sudah dapat melaksanakan layanan uji batubara. Untuk mendukung dan mempercepat pengetahuan masyarakat akan keberadaaan laboratorium uji maka pada tanggal 11 Februari 2021 dilaksanakanlah peresmian layanan uji laboratorium Pengujian Batubara BDTBT.

Acara peresmian Layanan Uji Laboratorium Pengujian Batubara BDTBT dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM Bapak Prahoro Yulijanto Nurtjahyo, Ph.D., Tenaga Ahli Menteri Bidang Litigasi dan Keamanan Obyek Vital Nasional Bapak Yurod Saleh, Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM sekaligus Plt. Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi, Bapak Drs. Wawan Supriatna, M.Pd., Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, Bapak Laode Sulaeman, S.T., M.T., Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral, dan Batubara, Bapak Ir. Mohamad Priharto Dwinugroho, M.S.E., Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur, Bapak Ir. Albertus Susetyo Edi Prabowo, M.Si., Direktur Politeknik Energi dan Mineral Akamigas, Bapak Prof. Dr. R. Y. Perry Burhan, M.Sc.,, Direktur Politeknik Energi dan Pertambangan, Bapak Dr. Asep Rohman, S.T., M.T., Koordinator dan Sub koordinator di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM, Koordinator Inspektur Tambang  Sumatera Barat serta para perwakilan dari perusahaan tambang batubara di Provinsi Sumatera Barat.

Acara peresmian diawali dengan menyaksikan video safety induction Balai Diklat Tambang Bawah Tanah yang di pandu oleh Koordinator K3 dan paparan mengenai profil Laboratorium Pengujian Batubara BDTBT yang disampaikan oleh Plt. Kepala Balai Diklat Tambang Bawah Tanah, Bapak Darius Agung Prata, S.T., M.K.K.K.. Selanjutnya secara simbolis Layanan Uji Laboratorium Pengujian Batubara BDTBT dilakukan dengan pemukulan gong oleh Bapak Prahoro selaku Kepala BPSDM ESDM. Dalam sambutannya Bapak Prahoro menyampaikan ‚ÄúLaboratorium Pengujian ini merupakan salah satu fasilitas BDTBT yang mempunyai nilai dan menjadi andalan kita, serta Laboratorium Pengujian ini juga merupakan upaya-upaya Kementerian ESDM untuk menyentuh sektor hulu pertambangan”

Acara dilanjutkan dengan penyerahan sampel secara simbolis oleh Bapak Andri selaku Kepala Teknik Tambang PT Allied Indo Coal (AIC) dan diterima langsung oleh Bapak Prahoro. Acara peresmian ini diakhiri dengan kunjungan fasilitas Laboratorium Pengujian Batubara dan workshop BDTBT.

Laboratorium pengujian batubara BDTBT sebagai laboratorium pengujian yang telah terakreditasi dan menggunakan standar American Society for Testing and Material (ASTM) yang telah digunakan secara global pada banyak laboratorium di seluruh dunia sehingga dapat menghasilkan hasil uji yang terpercaya dan akurat.

WhatsApp chat