Pertama Kali, BDTBT Gelar Pelatihan Operator Belt Conveyor Untuk Masyarakat Bangka Belitung

BDTBT – Sawahlunto, 14 orang peserta pelatihan yang berasal dari Provinsi Bangka Belitung mengikuti pelatihan Operator Belt Conveyor di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) Sawahlunto, untuk pertama kalinya. Pelatihan ini merupakan bagian dari Program Prioritas Nasional yang diemban oleh Pemerintah c.q Kementerian ESDM ini ditujukan untuk memberikan bekal kompetensi kepada masyarakat yang belum bekerja agar dapat bersaing di dunia kerja khususnya dalam dunia pertambangan.

Belt Conveyor adalah alat pengangkut barang yang bekerja dengan memanfaatkan lembaran sabuk memanjang yang digerakkan oleh suatu mesin dengan bantuan pulley dan roll. Pelatihan operator belt conveyor ini memberikan pemahaman mengenai pengetahuan khusus yang berkaitan dengan fungsi dari belt conveyor. Materi pelatihan meliputi sistem penambangan bawah tanah, pengenalan belt conveyor, sistem transportasi tambang bawah tanah, praktek pemasangan dan pengoperasian belt conveyor, pemeliharaan dan perawatan belt conveyor, praktek perawatan belt conveyor, pelaporan pemasangan, pengoperasian dan perawatan conveyor.

Pelatihan ini dilakasanakan selama 8 hari dari tanggal 20 Februari sampai denan 29 Februari 2024. Untuk  pelatihan kali ini, peserta pelatihan yang sudah selesai melaksanakan pelatihan akan langsung mengikuti seleksi untuk menjadi karyawan di PT. Sumber Daya Energi (SDE). Pelaksanaan seleksi akan di laksanakan langsung oleh tim HRD PT. SDE secara online. Alumni peserta pelatihan masyarakat yang sudah memiliki kompetensi dan gambaran mengenai tambang bawah tanah diharapkan dapat menggunakan pengalaman dan sertifikatnya dalam mencari pekerjaan.

WhatsApp chat