Program Jumbo Drill dalam Peningkatan Budaya Kerja Pegawai BDTBT

BDTBT Sawahlunto, Pembangunan budaya kerja pada sebuah organisasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain mengenali diri sendiri, menggunakan pikiran dalam mengelola perasaan, mencoba untuk memahami perasaan orang lain, saling memberikan perhatian yang wajar, saling memberi motivasi dan saling menegur untuk kebaikan.

Keterlibatan semua komponen dalam organisasi sangat mendukung keberhasilan pembentukan budaya budaya kerja yang baik. UPT Balai Diklat Tambang Bawah Tanah dalam upaya meningkatkan budaya kerja melaksanakan sebuah program yang melibatkan semua komponen di lingkungannya.

Program yang diberi nam JumBo DRiLL merupakan singkatan dari JUMat Balai Olah raga Dakwah Religi Lindungi Lingkungan,  Jumbo Drill sendiri sebagai peralatan merupakan alat pengeboran yang di gunakan di tambang bawah tanah. Program JumBo DRiLL mulai dilaksanakan April 2022 pada setiap hari Jumat dan berlaku pada bulan-bulan berikutnyanya dengan melibatkan seluruh komponen di UPT Balai Diklat Tambang Bawah Tanah.

Olahraga

Olahraga merupakan suatu bentuk pendidikan individu dan masyarakat yang mengutamakan gerakan-gerakan jasmani yang dilakukan secara sadar dan sistematis menuju suatu kualitas kesehatan yang lebih baik. Manfaat berolahraga selain mendukung kesehatan juga menumbuhkan kebersamaan dan meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja. Kegiatan olah raga seperti senam pagi, jalan santai dan olah raga bebas dilaksanakan pada Jumat pertama, Jumat kedua dan Jumat akhir setiap bulannya secara bergantian dengan memanfaatkan fasilitas yang dimiliki oleh Balai Diklat Tambang Bawah Tanah.

Dakwah Religi

Dakwah adalah suatu proses penyampaian, ajakan atau seruan kepada orang lain atau kepada masyarakat agar mau memeluk, mempelajari, dan mengamalkan ajaran agama secara sadar, sehingga membangkitkan dan mengembalikan potensi fitri seseorang dan dapat hidup bahagia di dunia dan akhirat. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat kedua atau ketigas setiap bulannya berupa majelis-majelis kajian keagamaan. Dikarenakan 99 persen pegawai di BDTBT memeluk agama Islam, maka kegiatan ini akan dilaksanakan untuk pegawai yang beragama Islam saja.

Lindungi Lingkungan

Pentingnya menjaga lingkungan wajib harus kita tanamkan sejak dini. Kebersihan lingkungan mempunyai peranan yang sangat penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, seperti debu, sampah dan bau yang tidak sedap. kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan yang nantinya bermuara pada kedamaian. Semua ini dapat diraih dengan melakukan perbuatan kecil dan sederhana, mulai dari menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan lindungi lingkungan dilakukan melalui pertama pengelolaan sampah mulai dari pengumpulan, pengangkutan, pengolahan, mendaur ulang dari material sampah. Tiga langkah pengelolaan sampah yang disingkat dengan 3R merupakan singkatan dari reduce (mengurangi sampah), reuse (menggunakan ulang sampah), dan recycle (daur ulang sampah). Kedua adalah kebersihan lingkungan dimulai dari lingkungan rumah dan tempat kita bekerja dengan menciptakan suasana ruang kerja yang bersih, rapi dan indah akan membuat nyaman dalam melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari.  Ketiga adalah kegiatan gotong royong sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat sukarela. Kegiatan gotong royong memiliki banyak manfaat diantaranya membangun sifat kebersamaan diantara pegawai. Gotong royong tidak mengenal perbedaan, sehingga ketika di laksanakan semua akan terasa sama, pekerjaan selesai dengan cepat tanpa harus mengeluarkan biaya dan menumbuhkan rasa peduli pada lingkungan BDTBT. (TM)

WhatsApp chat