Rapat Koordinasi Terkait Pembangunan Zona Integritas Rutin dilaksanakan oleh Pegawai BDTBT

Zona Integritas (ZI) merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Predikat Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) merupakan gerbang awal dalam mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani. Keberhasilan pembangunan ZI diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik kepada suatu lembaga pemerintahan. Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) adalah lembaga pendidikan dan pelatihan dibawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) Jakarta, yang bergerak melaksanakan bidang pendidikan dan pelatihan tambang bawah tanah.

Ada beberapa area perubahan yaitu, manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik. Untuk dapat mewujudkan hasil sesuai dengan nilai yang telah ditentukan, maka berbagai upaya dan strategi dilaksanakan, salah satunya adalah dengan rutin melaksanakan koordinasi terkait dengan progres-progres kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh masong-masing area perubahan.

Tahapan yang paling penting dalam Zona Integritas adalah pembangunannya, seiring dengan hal tersebut akan terbentuk nilai integritas yang akan melekat pada lembaga tersebut, hal ini lah yang diharapkan dapat terbentuk pada lembaga BDTBT.

WhatsApp chat