Webinar Mine Rescue Menjaga Nyawa Tambang, Tembus 1600 Pendaftar

BDTBT, Sawahlunto – Tambang adalah kegiatan yang penuh risiko, termasuk risiko potensi terjadinya kecelakaan. Berbagai upaya dilakukan agar potensi tersebut dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan sama sekali. Namun, saat kecelakaan harus terjadi, maka ada protokol penyelamatan yang tetap menjaga nyawa pekerja tambang. Untuk mengupas permasalahan tersebut Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) menyelenggarakan Webinar dengan judul “Mine Rescue, Menjaga Nyawa Tambang” dengan Narasumber  Bapak Darius Agung Prata, S.T., M.K.K. yang merupakan Widyaiswara Madya di BDTBT.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis , 25 Juni 2020 dengan menggunakan platform live streaming Aplikasi Zoom dan Youtube Live Streaming Balai Diklat Tambang Bawah Tanah.  Webinar diawali dengan dengan penyampaian sambutan penyelenggaraan oleh Kepala BDTBT Bapak Dr. Asep Rohman. Dalam sambutannya Bapak Asep menyampaikan bahwa Webinar “Mine Rescue, Menjaga Nyawa Tambang” menjadi rekor peserta terbanyak dengan jumlah pendaftar mencapai 1600 orang.

Dalam pemaparannya, Bapak Darius Agung Prata yang merupakan lulusan dari Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja Universitas Indonesia menyampaikan pentingnya standar kompetensi mine rescue karena dengan adanya standar kompetensi mine rescue, maka pekerja di bidang penanggulangan keadaan darurat akan semakin mudah untuk meningkatkan kemampuannya dan mendapat pengakuan akan kompetensi profesinya secara nasional.

Pada Webinar “Mine Rescue, Menjaga Nyawa Tambang” kali ini peserta tampak sangat puas dengan materi dan pemaparan oleh Bapak Darius Agung, ditunjukkan dengan banyaknya apresiasi yang disampaikan melalui fitur chat di zoom ataupun live streaming youtube dan pesan-pesan yang disampaikan melalui Instagram dan Facebook BDTBT.

WhatsApp chat