Diklat Transportasi Tambang Bawah Tanah, Aplikasi SIG dan Analisa Conto

Sawahlunto – Senin (3/3) Balai Diklat Tambang Bawah Tanah Kembali menjalankan 3 Diklat dalam waktu bersamaan yang dilaksanakan selama 6 (enam) hari mulai tanggal 03 s/d 08 Maret 2014. Adapun Diklat yang dijalankan berjudul (1) Diklat Transportasi Tambang Bawah Tanah, (2) Diklat Aplikasi SIG Untuk Pertambangan dan (3) Diklat Analisa Conto.

Diklat Transportasi Tambang Bawah Tanah, Diklat ini diikuti oleh 10 peserta yang berasal dari dinas pertambangan, akademisi dan perusahaan tambang. Sedangkan tenaga pengajar berasal dari Balai Diklat Tambang Bawah Tanah Sawahlunto, Puslitbang Tekmira Bandung dan Universitas Andalas yang memberikan materi seputar Metode Penambangan Bawah Tanah, K3 Tambang Bawah Tanah, Mesin Tambang Bawah Tanah, Manajemen Proyek Transportasi TBT, Kelistrikan TBT, Belt Conveyor, Hoist dan Praktik Transportasi TBT.

Diklat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam mendesain, menginstalasi dan mengoperasionalkan alat transportasi tambang bawah tanah serta mampu melaksanakan tugas-tugas perbaikan dan perawatan peralatan transportasi guna menjamin kelancaran lalu lintas pada area kerja tambang bawah tanah.

Diklat Aplikasi SIG juga diikuti oleh 10 peserta yang berasal dari dinas pertambangan, akademisi dan perusahaan tambang. Sedangkan tenaga pengajar berasal dari Balai Diklat Tambang Bawah Tanah Sawahlunto, Puslitbang Tekmira Bandung dan Universitas Andalas yang memberikan materi seputar Konsep Geologi dalam SIG, Model Data SIG, Pengumpulan data SIG, Pembuatan data dan input data SIG dan Manajemen data SIG.

Selain Diklat Transportasi Tambang Bawah Tanah dan Diklat Aplikasi SIG juga melaksanakan Diklat Analisa Conto. Diklat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pekerjaan analisa conto batubara. Diklat ini juga diikuti oleh 10 peserta yang berasal dari dinas pertambangan, akademisi dan perusahaan tambang. Sedangkan tenaga pengajar berasal dari Balai Diklat Tambang Bawah Tanah Sawahlunto, Puslitbang Tekmira Bandung dan Universitas Andalas yang memberikan materi seputar K3 Tambang Bawah Tanah, Lingkungan Pertambangan, Pemercontoan, Teknologi pemanfaatan Batubara sbg Bahan Bakar Langsung, Teknologi Pemanfaatan Batubara sebagai bukan bahan bakar, Pengetahuan Batubara, Pengolahan Batubara, Analisa Batubara dan Observasi Lapangan.

WhatsApp chat