Pelatihan Operator Pengeboran untuk Peledakan Tambang Bawah Tanah untuk Masyarakat Provinsi NTB

BDTBT, Sawahlunto –  Pada awal bulan Juni 2024 ini, Balai Pendidikan dan Pelatihan Tambang Bawah Tanah (BDTBT) melaksanakan pembukaan Pelatihan Operator Pengeboran untuk Peledakan TBT untuk Masyarakat Provinsi NTB dan dibuka oleh Kepala BDTBT, Bapak Darius Agung Prata. S.T.,M.K.K.K. Pelatihan ini dilaksanakan selama 18 (delapan belas) hari pelatihan, mulai dari tanggal 03 s.d. 25 Juni 2024 dan kemudian dilanjutkan dengan uji kompetensi. Peserta pelatihan berjumlah 14 (empat belas) orang berasal dari beberapa daerah di provinsi Nusa Tenggara Barat, antara lain berasal dari Kabupaten Bima, Dompu, Lombok Barat, Lombok Timur, Sumbawa dan Sumbawa Barat.

Adapun materi yang akan disampaikan pada Pelatihan Operator Pengeboran untuk Peledakan Tambang Bawah Tanah untuk Masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Barat antara lain adalah : Sistem Penambangan Bawah Tanah, Pemeliharaan Peralatan Pengeboran, Peralatan dan Perlengkapan Pengeboran untuk Peledakan, Pengeboran untuk Peledakan (Jumbo Drill), Kunjungan Lapangan, dan Bintalsik.

Kepala BDTBT mengucapkan selamat kepada para peserta pelatihan karena telah lulus seleksi dan menjadi peserta dalam pelatihan ini, selanjutnya beliau juga menghimbau untuk para peserta pelatihan agar mengikuti pelatihan dengan baik, meluruskan niat untuk betul-betul belajar agar dapat menyerap materi pelajaran dengan baik, menjaga kekompakan, saling menjaga antar sesama peserta karena sama-sama berasal dari daerah yang jauh dari keluarga, dan bersikap proaktif bukan bersikap pasif dalam proses pembelajaran.

Semoga setelah mengikuti pelatihan ini para peserta dapat mempergunakan ilmu yang didapat dari BDTBT untuk masuk ke dunia kerja bidang pertambangan.

WhatsApp chat