Pengenalan Web GIS di Sumatera Utara

Medan – Wilayah pertambangan merupakan bagian dari tata ruang nasional. Banyaknya kasus di daerah karena adanya tumpah tindih lahan pertambangan dengan wilayah lainnya merupakan tantangan yang seharusnya bisa diselesaikan. Teknologi Web GIS yang digunakan untuk mengelola data dan kemudian dipublikasikan mendorong transparansi sehingga diharapkan semua pemangku kepentingan dapat mengontrol jika terjadinya tumpang tindih lahan.

Secara khusus dalam peraturan pemerintah No. 22 tahun 2010 tentang wilayah pertambangan, menyebutkan kalau pemerintah daerah wajib mengelola data dan informasi dalam kegiatan pertambangan dalam suatu sistem informasi geografis. PP No. 23 tahun 2010 tentang pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan minerba, menyebutkan untuk mendapatkan izin pertambangan, suatu perusahaan harus memenuhi persyaratan koordinat geografis lintang dan bujur sesuai dengan ketentuan sistem geografi yang berlaku secara nasional dan membayar biaya pencadangan wilayah dan pencetakan peta, memperoleh prioritas pertama untuk mendapatkan wilayah izin usaha pertambangan.

Hal inilah yang melatarbelakangi diadakannya Diklat Web GIS di Sumatera Utara, diklat ini diadakan di hotel garuda plaza medan yang berlangsung dari tanggal 17 – 20 juni 2014. berbagai macam metode pembelajaran diberikan untuk mempermudah peserta memahami materi diklat seperti metode ceramah/kuliah, penggunaan audio visual maupun metode diskusi/tanya jawab dan metode praktekum.

Selaku Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Sumatera Utara, Ir. Eddy Syahputra Salim, M.Si membuka secara resmi diklat yang diikuti oleh 15 orang peserta yang berasal dari berbagai kedinasan di kabupaten dan kota yang ada di provinsi Sumatera Utara, Sedangkan tenaga pengajarnya yaitu Widyaiswara Balai Diklat Tambang Bawah Tanah dan Badiklat Geospasial.

Diklat yang berlangsung selama 4 hari ini bertujuan agar peserta mampu mengoperasikan browser internet secara umum dan html text-editor, memahami arsitektur web GIS secara umum, memahami system kerja atau framework web GIS, mengoperasikan database untuk web GIS, mampu membuat script atau pemrograman untuk web GIS serta mampu mempublikasikan web GIS. Berbagai materi diberikan instruktur untuk mencapai tujuan diklat ini seperti Konsep dasar dan aplikasi GIS di pertambangan, perangkat lunak framework web GIS dan instalasi, pengelolaan dan publikasi data spasial berbasis web, Project pembuatan sistem informasi geografi berbasis web, dan berbagai materi lainnya.

WhatsApp chat