BDTBT kembali Berhasil Gelar Webinar “Taman Bumi Ranah Minang”

BDTBT, Sawahlunto – Kamis, 4 Juni 2020,  Setelah Lebaran Idul Fitri, BDTBT kembali adakan E-Seminar dengan judul “Taman Bumi Ranah Minang”. Beda dengan E-Seminar sebelumnya, E-Seminar kali ini dihadiri oleh tiga narasumber sekaligus, yaitu Prof. Dr. Ildrem Syafri, DEA. dari Teknik Geologi Universitas Padjajaran, Asep Kurnia Permana, S.T., M.Sc dari Badan Geologi KESDM dan Ahmad Fadhly, S.T., M.T. dari IAGI Pengda Sumbar.

Webinar “Taman Bumi Ranah Minang” diadakan pada hari Kamis tanggal 4 Juni 2020 pada pukul 08.30 – 11.00 WIB dengan menggunakan platform live streaming Aplikasi Zoom. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bapak Dr. Asep Rahman selaku Kepala BDTBT ini disambut dengan antusias oleh peserta yang mencapai angka 424 orang, webinar kali ini sukses meraih simpati masyarakat luas karena mengusung tema yang sangat menarik.

Bapak Asep Kurnia Permana selaku Kepala Bidang Geosains pada Badan Geologi memaparkan tentang “Penetapan Warisan Geologi, Fondasi Dasar dalam Pengembangan Geopark”. Dilanjutkan dengan paparan kedua oleh Bapak Ahmad Fadhly yang menjelaskan tentang “Taman Bumi Ranah Minang” dan paparan terakhir tentang “Taman Bumi Ranah Minang menuju Unesco Global Geopark (UGG)” oleh Prof. Ildrem Syafri, DEA.

“Geopark Ranah Minang, bukan hanya milik orang kebumian dengan fenomena alamnya, tapi Geopark Ranah Minang adalah rumah untuk semua elemen masyarakat dengan tiga pilar di dalamnya (geologi, budaya serta flora dan fauna). Jadi geopark sudah hak setiap orang utk berkegiatan didalamnya selama alam terbuka dengan berbudaya masih dipunya masyarakat” Ujar Ahmad Fadhly.

Kegiatan ini merupakan bukti komitmen BDTBT dalam meningkatkan kompetensi SDM melalui diklat, workshop, dan seminar. Kegiatan serupa akan terus diselenggarakan BDTBT selama masa  Pandemi Covid 19 untuk menemani seluruh sobat tambang berkegiatan di rumah.

Jadi tetaplah di rumah, dan bersiap untuk ikut serta dalam kegiatan BDTBT berikutnya.

WhatsApp chat