Tren Kuliah di Luar Negeri, BDTBT adakan Webinar “Belajar Tambang ke Luar Negeri”

BDTBT, Sawahlunto – Belajar di luar negeri merupakan suatu keinginanan untuk menimba ilmu dan mencari pengalaman di negeri orang. Seperti pepatah yang mengatakan, tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri Tiongkok. Hal ini merupakan seruan dan anjuran agar kita mempunyai keinginan belajar dan mencari pengetahuan walaupun tempatnya jauh dan asing bagi kita. Belajar di luar negeri pun pada saat ini menjadi tren diberbagai kalangan, baik dikalangan ASN, praktisi maupun mahasiswa. Menyikapi tren tersebut Balai Diklat Tambang Bawah Tanah bersama PEP Bandung menyelenggarakan Webinar dengan tema “Belajar Tambang ke Luar Negeri”.

Webinar digelar secara gratis pada hari Kamis (16/07/2020) mulai pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB. Webinar diawali dengan penyampaian sambutan oleh Kepala PPSDM Geominerba Bapak Ir. MP.Dwinugroho.  M.S.E. Pada kesempatan ini antusiasme peminat webinar sangat tinggi, sehingga jumlah pendaftar mencapai batas kuota peserta pada platform Aplikasi Zoom, namun BDTBT telah mengantisipasi untuk peserta yang tidak dapat kuota dengan menggandeng live pada youtube live streaming BDTBT.

Webinar kali ini menghadirkan beberapa tokoh yang telah sukses mendapatkan beasiswa di luar negeri. Narasumber yang dihadirkan antara lain  George S. Laimeheriwa, S.T., M.Eng. yang merupakan ASN dari Kementerian ESDM dan sedang menjalankan Program Doktoral Mineral Resources Engineering RWTH, di Aachen University German.
Narasumber kedua yaitu Dr. (Cand.) Zela Tanlega Ichlas, S.T., M.Phil. yang merupakan dosen dari Institut Teknologi Bandung dan sedang menjalankan Program Doktoral Metallurgical Engineering di Western Australian School of Mines Curtin University.
Narasumber ketiga yaitu Peni Rostiarti yang merupakan Karyawan pada PT Bukit Asam Tbk dan sedang menjalankan Program Magister Mining Engineering di Western Australian School of Mines, Curtin University.

Salah satu narasumber webinar yakni Zela menjelaskan langkah-langkah mencari beasiswa. Yang pertama, pahami tujuan belajar anda, kedua kenali program-program perkuliahan yang mampu mengakomodasi tujuan pembelajaran anda, ketiga cari program-program beasiswa yang mampu memberikan beasiswa ke universitas yang memiliki program dituju dan terakhir adalah persiapan diri untuk memenuhi persyaratan beasiswa.

Ketiga narasumber webinar juga memberikan informasi pengalaman Belajar di luar negeri, sejak mulai mendaftar hingga proses belajar, belajar di luar negeri saat pandemi covid-19, isu-isu terkini yang saat ini menjadi bahasan di program studi yang mereka ambil dan ide/rencana yang akan dikembangkan saat kembali ke tanah air. Nah untuk yang belum sempat mengikuti webinar ini dan penasaran dengan pembahasan masing-masing narasumber, dapat melihat record live streaming pada Youtube Balai Diklat Tambang Bawah Tanah.

WhatsApp chat