Tingkatkan Kompetensi Tambang Bawah Tanah, Mahasiswa AKAMIGAS Studi Ekskursi di BDTBT

BDTBT – Sawahlunto,  Selasa 30 Maret 2021 sebanyak 50 orang mahasiswa/i Politeknik Akamigas Palembang kembali mengunjungi Balai Pendidikan dan Pelatihan Tambang Bawah Tanah (BDTBT). Kunjungan ini merupakan kegiatan Studi Ekskursi Tambang Bawah Tanah yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya di BDTBT.

Studi Ekskursi ini dilaksanakan selama tiga hari, 30 Maret 2021 sampai dengan 1 April 2021. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat. Penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Kegiatan Studi Ekskursi merupakan syarat mutlak yang harus dilaksanakan kepada semua komponen kegiatan, mulai dari penyelenggara Kegiatan, Widyaiswara, Instruktur, peserta Studi Ekskursi termasuk fasilitas yang digunakan dalam proses belajar mengajar wajib disterilisasi, tindakan tersebut perlu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 agar tidak menimbulkan cluster penyebaran virus di lembaga Diklat.

Kegiatan ini merupakan implementasi perjanjian kerja sama Nomor 01PJ/05.08/BDT/2016 dan 76/B2.0/PAP-IV/2016 antara BDTBT dengan Politeknik Akamigas Palembang Prodi Teknik Pertambangan. Untuk mencapai hasil yang maksimal, kegiatan studi ekskursi ini tidak hanya diberikan secara teori tetapi peserta juga dilibatkan secara langsung dalam kegiatan praktik dan materi. Kegiatan praktik yang didapati peserta selama tiga hari tersebut adalah Pemboran untuk Peledakan, Penyanggaan Tambang Bawah Tanah, Ventilasi Tambang Bawah Tanah, Pertolongan Pertama Gawat Darurat serta Kunjungan Lapangan PT AIC Jaya. Melalui pengalaman ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa/i terhadap proses penambangan yang baik dan benar khususnya pada kegiatan Tambang Bawah Tanah, karena wawasan ini sangat dibutuhkan bagi mereka  dimasa depan.(WL)

WhatsApp chat