Balai Diklat Tambang Bawah Tanah Tingkatkan Kompetensi Masyarakat Provinsi Sumbar Melalui Diklat Plate Welder SMAW 3G-Up/PF

BDTBT, Sawahlunto – Diklat Plate Welder SMAW 3G-Up/PF bagi masyarakat Provinsi Sumatera Barat diikuti oleh 14 peserta selama 16 hari dimulai pada 04 – 26 Juli 2022 di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah Sawahlunto. Tujuan diklat Plate Welder SMAW 3G-Up/PF adalah untuk memberikan keterampilan dan pemahaman kepada peserta pelatihan dalam konsep dasar, pengenalan dan penggunaan alat las SMAW 3G-Up/PF. Selanjutnya tujuan diklat juga memberikan kompetensi Plate Welder SMAW 3G-Up/PF bagi peserta diklat.

Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan diklat yang dilaksanakan pada Senin (04 Juli 2022), pada pembukaan diklat tersebut Kepala BDTBT yang diwakili oleh Sub Koordinator Penyelenggara dan Evaluasi Diklat Bapak Sihar M. Siregar, S.T. menyampaikan bahwa selama pelatihan peserta akan dibekali tiga hal yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap (disiplin dan tanggung jawab) melalui kegiatan tatap muka di kelas, praktek dan bintalsik. Diharapkan peserta mendapatkan kompetensi yang dibutuhkan dan merubah diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi sehingga dapat bekerja pada sebuah perusahaan ataupun dapat membuka lapangan kerja sendiri.

Balai Diklat Tambang Bawah Tanah untuk mendukung tercapainya tujuan diklat Plate Welder SMAW 3G-Up/PF tidak hanya menyediakan peralatan praktek yang lengkap, namun juga Instruktur yang berpengalaman melalui kerja sama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Padang sehingga dapat membantu setiap peserta untuk meningkatkan kompetensi Plate Welder SMAW 3G-Up/PF mereka.

Penyampaian materi oleh instruktur Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Padang antara lain Teori dan Praktek Persiapan Tempat Kerja, Teori dan Praktek Perbaikan Hasil Pengelasan. Selanjutnya materi teori dan praktek Pembuatan Sambungan Las Fillet sesuai WPS untuk Pengelasan Plat ke Plat, Pipa ke Pipa dan Plat ke Pipa sesuai dengan Proses Las yang digunakan.

Tahap akhir dari kegiatan diklat ini untuk membuktikan apakah peserta bisa dinyatakan memiliki kompetensi Plate Welder SMAW 3G-Up/PF atau tidak, peserta akan mengikuti uji kompetensi oleh assessor Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Padang. (SH)

WhatsApp chat