Bantuan Pelatihan Kementerian ESDM Bagi Masyarakat Riau Melalui Pelatihan Operator Survei Tambang Bawah Tanah

Badan Pengembangan Sumber Daya Mineral (BPSDM) ESDM, Kementerian ESDM terus melakukan upaya peningkatkan kompetensi bagi masyarakat melalui pelatihan-pelatihan pada sub-sektor pertambangan melalui satuan kerja Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) yang berlokasi di Sawahlunto. Program bantuan pelatihan kali ini adalah Operator Survei Tambang Bawah Tanah yang ditujukan bagi 14 orang Masyarakat Provinsi Riau. Pelatihan dilaksanakan selama 16 (enam belas) hari dari 10 Juli 2023 sampai dengan 01 Agustus 2023 di BDTBT Sawahlunto.

Pelatihan Operator Survei Tambang Bawah Tanah bertujuan memberikan keterampilan dan pemahaman kepada peserta pelatihan dalam konsep dasar, pengenalan dan penggunaan alat, pengolahan data dan juga penyajian peta. Pelatihan juga bertujuan memberikan kompetensi dalam teknik pemetaan pada peserta pelatihan.

Materi – materi Pelatihan diberikan oleh Instruktur BDTBT antara lain Pengetahuan Peta, Pengetahuan Alat Survei, Metode Pengukuran Tambang Bawah Tanah, Sistem Penambangan Bawah Tanah, Observasi Lapangan, Pengolahan Data Polygon, Ploting Data Polygon,  Pengolahan Data Titik Detil, Ploting Data Titik Detil, Penggambaran Kontur, Pengolahan Data Pengukuran Terowongan

Pada Pelatihan ini peserta tidak hanya diberikan teori terkait penggunaan alat survey namun juga praktek seperti Praktik Pengukuran Polygon Praktik Pengukuran Titik Detil, Praktek Pengukuran Terowongan, Praktik Penggambaran Peta Digital secara langsung yang bertujuan agar para peserta dapat lebih memahami cara pengoperasian alat survey Tambang Bawah Tanah. Peserta juga menjalani Pembinaan Mental dan Fisik (Bintalsik) untuk pembentukan karakter peserta Pelatihan.

Pada akhir kegiatan pelatihan, dilakukan Uji Kompetensi dengan menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM (LSP-BPSDM ESDM) yang diikuti oleh semua peserta.

Melalui pelatihan ini diharapkan masyarakat Riau menjadi masyarakat yang produktif dan memiliki daya saing khususnya pada bidang survei tambang sehingga dapat mendukung kesempatan peserta dalam berkarir di perusahaaan tambang dan perusahaan lainnya di masa yang akan datang

WhatsApp chat