BDTBT Selenggarakan Pelatihan Operator Transportasi Tambang Bawah Tanah Bagi 14 Masyarakat Provinsi Sumatera Selatan

BDTBT, Sawahlunto – Pelatihan Operator Transportasi Tambang Bawah Tanah untuk Masyarakat Provinsi Sumatera Selatan dilaksanakan pada 02 – 20 Oktober 2023 yang diikuti oleh 14 peserta secara langsung di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah Sawahlunto.

Transportasi tambang bawah tanah adalah sistem yang digunakan untuk mengangkut bahan galian, personel, dan peralatan dari lokasi penambangan ke permukaan tanah. Sistem transportasi ini harus aman, efisien, dan dapat diandalkan untuk memastikan operasi penambangan berjalan lancar. Seiring dengan proses kedalaman tambang dan jauhnya daerah penambangan di dalam terowongan sehingga system transportasi menjadi hal yang sangat komplek.  . Oleh karena itu pengetahuan tentang berbagai jenis pengangkutan dan cara kerja peralatan transportasi yang digunakan di dalam tambang bawah tanah sangat diperlukan bagi seorang operator transportasi.

Pelatihan Operator Transportasi Tambang Bawah Tanah ini bertujuan memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja kepada peserta pelatihan dalam pengenalan transportasi tambang bawah tanah, serta pengetahuan tentang operasi pemeliharaan pengoperasian dan pemeliharaan peralatan transportasi tambang bawah tanah bagi para peserta pelatihan.

Pemberian materi yang diberikan tidak hanya teori tetapi juga lebih banyak praktek sehingga para peserta diklat diharapkan dapat memiliki kompetensi yang baik tentang peralatan transportasi TBT yang dapat menjadi nilai tambah bagi peserta diklat yang tertarik bekerja di sektor pertambangan khususnya tambang bawah tanah.

Berbagai Materi terkait transportasi disampaikan oleh Widyaiswara dan Instruktur BDTBT serta praktisi yang berpengalaman antara lain K3 Tambang Bawah Tanah, Sistem Penambangan Bawah Tanah, Sistem Transportasi, Manajemen, Pengenalan Belt Conveyor, Perawatan Belt Conveyor, Pengenalan Hoist, Perawatan Hoist. Selanjutnya pelaksanaan kegiatan praktik bagi peserta secara langsung didukung oleh ketersediaan peralatan transportasi yang cukup lengkap seperti Praktek Hoist, Praktek Belt Conveyor, Side Dump Loader, LHD (Simulator).

WhatsApp chat