102 orang Mahasiswa/i Akamigas Palembang Fokus Melaksanakan Studi Ekskursi di BDTBT

Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) adalah satuan kerja dibawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) Jakarta, yang bergerak melaksanakan bidang pendidikan dan pelatihan tambang bawah tanah. BDTBT memiliki tugas pokok yaitu melaksanakan pendidikan dan pelatihan dibidang tambang bawah tanah

Politeknik Akamigas Palembang merupakan satu-satunya Politeknik di Indonesia yang memiliki program studi Teknik Pertambangan Batubara, dimana tujuan mendirikan program studi ini adalah untuk mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan memiliki keahlian/keterampilan khusus sebagai teknisi/Operator di bidang pertambangan batubara.

Dalam rangka menambah wawasan dan kemampuan mahasiswa, kegiatan Studi Ekskursi selalu rutin dilaksanakan oleh pihak Politeknik Akamigas Palembang agar dapat menjadi bekal bagi mahasiswa/i untuk memasuki dunia industri/pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan. Disamping hal tersebut kegiatan studi ekskursi juga diharapkan dapat memberikan pemahaman dan keterampilan serta pengalaman-pengalaman yang berarti dan dapat dijadikan dasar untuk bersikap dan berperilaku yang baik untuk masa mendatang.

Pelaksanaan kegiatan studi ekskursi ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dimulai dari tanggal 19 Februari sampai dengan tanggal 21 Februari 2024. Kegiatan Studi Ekskursi diikuti oleh 102 orang mahasiswa/i prodi teknik pertambangan batubara. Dalam pelaksanaan kegiatan nya materi yang disampaikan meliputi Pengeboran untuk Peledakan Tambang Bawah Tanah, Ventilasi Tambang Bawah Tanah, Penyanggaan Tambang Bawah Tanah, Mine Rescue, dan Kunjungan Lapangan ke PT. BA di Sawah Luwung.

WhatsApp chat