Jadwal Distance Learning

NOJUDUL DIKLAT
TGL PELAKSANAAN
DESKRIPSI SINGKAT
PENGAJAR
1Pelatihan Pengenalan Tambang Bawah Tanah
06 May 2020
Melalui pelatihan ini, peserta akan dikenalkan pada salah satu sistem penambangan yaitu sistem penambangan bawah tanah mulai dari tahapan kegiatan tambang bawah tanah hingga aspek lingkungan tambang bawah tanah.
Darius A. Prata, M.K.K.K. Desrizal, M.Si. Tego Lenggono, M.Eng
2Bimtek Pengenalan Air Asam Tambang
12 May 2020
Air asam tambang menjadi dampak lingkungan sangat serius dalam kegiatan tambang. Air berubah menjadi asam sehingga tak mungkin lagi dapat dikonsumsi. Melalui bimtek ini, peserta diajak untuk mengenal potensi terjadinya air asam tambang hingga upaya pencegahan dan penanggulangannya.
Dr. Eng. Ginting Jalu Kusuma (ITB)
3Pelatihan Pengenalan Survey dan Pemetaan
19 May 2020
Survey dan pemetaan menjadi salah satu kegiatan yang erat dengan operasional tambang. Melalui pelatihan ini, peserta akan dikenalkan pada definisi survey dan pemetaan hingga tahapan pekerjaan pada kegiatan tersebut.
Tego Lenggono, M.Eng. Dr. Adang Saputra.
4Pelatihan Pengenalan Inspeksi Ventilasi Tambang
03 June 2020
Salah satu komponen penting dalam operasional tambang bawah tanah adalah ventilasi. Ventilasi ini harus benar-benar berfungsi baik agar pasokan udara ke dalam lubang tambang mencukupi. Fungsi ini harus dipastikan bekerja dengan baik salah satunya oleh Inspketur Tambang. Melalui pelatihan ini, Inspektur Tambang akan dikenalkan pada kegiatan inspeksi ventilasi tambang.
Darius A. Prata, M.K.K.K. Praktisi (to be confirmed)
5Pelatihan Pengenalan Lingkungan Tambang
10 June 2020
Kegiatan tambang seringkali divonis perusak lingkungan. Benarkah tambang sebagai agen perusak lingkungan? Melalui pelatihan ini peserta akan dikenalkan pada aspek lingkungan dalam operasional tambang.
Dr. Asep Rohman Desrizal, M.Si.
6Pelatihan Pengenalan Geoteknik Tunnel
17 June 2020
Kegiatan tambang bawah tanah pasti tak lepas dari pembuatan tunnel. Pembuatan tunnel sendiri merupakan pekerjaan yang sangat kompleks dengan berbagai perhitungan, salah satunya adalah perhitungan dari aspek geoteknik. Melalui pelatihan ini, peserta dikenalkan pada aspek geoteknik dalam pembuatan tunnel.
Rochsyid Anggara, M.T. (PEP)
7Pelatihan K3 Tambang Bawah Tanah
24 June 2020
Tambang adalah kegiatan yang penuh risiko, termasuk risiko potensi terjadinya kecelakaan. Berbagai upaya dilakukan agar potensi tersebut dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan sama sekali. Melalui pelatihan ini, peserta dikenalkan pada aspek K3 pada kegiatan tambang bawah tanah.
Darius Agung Prata, M.K.K.K. Praktisi (to be confirmed)
WhatsApp chat